Monday, January 9, 2017

ternak lele lengkap dan mudah (bag4)

CARA BUDIDAYA LELE


(Bag.4) Pemeliharaan Pembesaran ikan Lele


sampai pada tahap pembesaran ikan lele... berisi tentang apa saja yang dibutuhkan untuk membesarkan lele pada media kolam... selamat membaca...


Kolam baru yang disiapkan untuk pembesaran ikan lele biasanya masih kurang akan pakan alami. Untuk itu penumbuhan pakan alami untuk iken lele pada kolam diperlukan . Berikut ca menumbuhkan pakan alami pada kolam.
-       pemupukan kolam dapat dilakukan dengan menebar pupuk kandang pada kolam dengan dosis 500 – 700 gram/m2
-       dapat ditambahkan juga urea 15 gram/m2, TSP 20 gram/m2, dan amonium nitrat 15 gram/m2. kemudian dibiarkan selama 3 hari.
-       Jika dibutuhkan dapat di semprotkan larutan migro tambak dengan dosis 20 ml/100m2
-       Kegunaan migro tambak adalah untuk meningkatkan pertumbuhan pakan alami pada kolam, karena didalamnya terkandung mikroorganisme yang menguntungkan untuk perkembangan lele.

Pada proses selanjutnya kolam yang sudah kaya akan pakan alami ini sudah siap untuk di pergunakan. Kolam dapat dialiri air segar, dangan ketinggian 30-50 cm dan dibiarkan selama satu minggu sampai warna air kolam berubah menjadi coklat atau kehijauan.
Perubahan warna air ini menunjukan banyaknya jasad renik yang tumbuh di dalam kolam. Jasad renik inilah yang akan dijadikan sebagai pakan alami lele.
Saat pemasukan air berikan kembali Migro Tambak dengan dosis 0,02 ppm (2 liter per hektar), campur dengan air secukupnya Kemudian langsung tebar merata pada permukaan kolam.
Secara bertahap ketinggian air ditambah, sebelum benih lele ditebar.

Jenis pakan ikan lele
Pakan ikan lele adalah terdiri dari pakan alami dan pakan tambahan.
·         Makanan Alami Ikan Lele
Pakan alami lele bisa berupa Zooplankton, larva, cacing-cacing, dan serangga air.bisa juga pakan alami lele adalah berupa fitoplankton.
fitoplankton adalah Gomphonema spp (gol. Diatome), Anabaena spp (gol. Cyanophyta), Navicula spp (gol. Diatome), Ankistrodesmus spp (gol. Chlorophyta).
Lele juga menyukai makanan busuk yang berprotein

·         Makanan Tambahan
Makanan tambahan ikan lele bisa macam – macam, berikut beberapa pilihan pakan tambahan ikan lele
makanan tambahan berupa sisa-sisa makanan keluarga, daun kubis, tulang ikan, tulang ayam yang dihancurkan, usus ayam, dan bangkai.

Makanan buatan (pellet)
Komposisi bahan (% berat): tepung ikan=27,00; bungkil kacang kedele=20,00; tepung terigu=10,50; bungkil kacang tanah=18,00; tepung kacang hijau=9,00; tepung darah=5,00; dedak=9,00; vitamin=1,00; mineral=0,500;

Proses pembuatan pellet bahan bahan diatas adalah
Dengan cara menghaluskan bahan-bahan, dijadikan adonan seperti pasta, dicetak dan dikeringkan sampai kadar airnya kurang dari 10%. Penambahan lemak dapat diberikan dalam bentuk minyak yang dilumurkan pada pellet sebelum diberikan kepada lele. Lumuran minyak juga dapat memperlambat pellet tenggelam.
Pada dasarnya Pakan ikan lele adalah diberikan sesuai kebutuhan. Rata – rata lele memerlukan pakan 3-6% dari bobot tubuhnya.

Cara pemberian pakan:

Pellet mulai dikenalkan pada ikan lele saat umur 6 minggu dan diberikan pada ikan lele 10-15 menit sebelum pemberian makanan yang berbentuk tepung.
Pada minggu 7 dan seterusnya sudah dapat langsung diberi makanan yang berbentuk pellet. Saat pemberian pakan tambahan, campurkan Migro Suplemen merata pada pakan, dosis pemberiannya adalah 10ml Migro Suplemen dicampur air secukupnya (jangan terlalu banyak) Kemudian aduk merata pada 3kg pakan buatan. Dianjurkan diberikan pada setiap pemberian pakan.
Hindarkan pemberian pakan pada saat terik matahari, karena suhu tinggi dapat mengurangi nafsu makan lele.


No comments:

Post a Comment

jika ingin berlangganan artikel silahkan masuk

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner